Tips Merawat Rambut Berjilbab Agar Tetap Sehat

October 21, 2012 by


Rambut adalah mahkota wanita yang berharga dan paling dibanggakan, tak terkecuali bagi wanita yang berjilbab. Bagi rambut berjilbab, diperlukan perawatan khusus untuk menjaga keindahan dan kesehatannya, mengingat rambut selalu tertutup sepanjang hari. Rambut yang tertutup sepanjang hari akan lebih lembab, lepek dan lebih mudah rontok.

Berikut tips untuk merawat rambut berjilbab agar tetap sehat :

1. Kondisi rambut harus kering saat mengenakan jilbab

Pastikan sebelum mengenakan jilbab, rambut sudah dalam keadaan kering. Rambut yang masih basah dan tertutup jilbab sepanjang hari akan menimbulkan bau tak sedap, ketombe dan gatal-gatal di kulit kepala. Bagi yang rutin menggunakan hair dryer, settinglah hair dryer dengan panas secukupnya saja.

2. Keramas teratur dengan shampoo yang sesuai jenis rambut

Cucilah rambut dengan teratur karena kondisi minyak berlebih pada rambut akan membuat rambut mudah patah. Menggunakan shampoo yang tepat dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Gunakan pula conditioner atau hair treatment untuk menutrisi rambut agar lebih sehat.

3. Perhatikan cara menyisir rambut

Sisirlah rambut dengan teratur minimal 2 kali sehari. Penyisiran harus benar dan hati-hati. Sisirlah mulai dari ujung rambut supaya tidak rambut tidak tertarik terlalu keras.

4. Hindari mengikat rambut terlalu kencang

Menarik rambut terlalu kencang setiap hari menyebabkan rambut mudah rontok dan patah. Gunakan karet rambut yang besar atau tebal sebagai pengikat rambut bergantian dengan jepit rambut berbahan plastik.

5. Istirahatkan rambut

Saat sedang tidur atau di saat lain ketika Anda sedang tidak berjilbab biarkan rambut terurai rapi untuk memberi kesempatan rambut bernapas dengan leluasa.

6. Perawatan teratur

Lakukan perawatan teratur seperti creambath atau hairspa, bisa di rumah atau di salon.

7. Memotong pendek rambut

Bagi Anda yang ingin praktis, ada baiknya memilih model rambut pendek sehingga tidak terlalu menyulitkan Anda untuk melakukan perawatan rambut.

8. Pilihlah bahan jilbab yang tepat

Pilihlah bahan jilbab yang mudah menyerap keringat seperti bahan kaus atau katun yang memiliki pori-pori besar sehingga memudahkan sirkulasi udara. Kurangi penggunaan jilbab berwarna gelap terutama bila Anda lebih sering beraktivitas di luar ruangan karena warna gelap justru meningkatkan penyerapan panas ke kepala.

9. Perhatikan cara pemakaian jilbab

Hindari pemakaian jilbab bertumpuk. Jika Anda ingin menggunakan jilbab tumpuk, hindari pemakaian jilbab melebihi 4 lapis.

Ada baiknya jilbab yang menjuntai tidak dililitkan ke leher, dengan tujuan untuk meningkatkan sirkulasi udara dari kepala merambat melalui leher.

10. Nutrisi yang cukup

Dan untuk melengkapi perawatan rambut, biasakan mengkonsumsi makanan sehat sebagai pelengkap nutrisi agar rambut tetap tumbuh sehat dan indah.

 

Dirangkum dari beberapa sumber




Leave a Reply